5 Tips Jitu Sampaikan Ide Kreatif dan Inovatif

30 Desember 2019

Mungkin sebagian orang merasa mudah menyampaikan pendapatnya, namun bagaimana dengan sebagian lainnya? Beberapa orang tak dapat menyampaikan pendapatnya, bahkan justru memilih untuk diam atau bicara lewat tulisan.

Contohnya saja bagi mereka yang introvert. Umumnya saat menghadiri meeting atau pertemuan lain yang membutuhkan pertukaran pendapat, introvert cenderung mendominasi alur pembicaraan dan topik yang dibahas.

Tapi sayangnya, para introvert yang mungkin saja memiliki sebuah ide kreatif dan inovatif ini, merasa kesulitan untuk menjelaskannya kepada orang lain, sehingga akhirnya ide kreatif dan inovatifnya hanya dipendam dan tidak tersalurkan. Tentu sangat disayangkan, bukan?

Padahal bisa saja ide kreatif dan inovatif tersebut dapat membuat Anda dan tempat kerja menjadi lebih baik lagi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hal ini? Tenang, berikut lima tips sampaikan ide kreatif dan inovatif, seperti dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker:

1. Rinci Ide Kreatif

Tulis secara rinci di buku catatan atau notes di handphone Anda. Dimulai dari poin-poinnya saja dulu, apa yang ingin Anda sampaikan dan inti dari ide-ide Anda.

 

2. Jelaskan dengan Kalimat dan Gaya Bahasa Anda

Jelaskan menurut gaya bahasa Anda agar lebih mudah dipahami dan terlihat natural.

3. Fokus pada Point Ide

Yakinkan betapa penting ide kreatif Anda dan buat suasana lebih hidup.

4. Ilustrasikan Ide Kreatif Anda

Pergunakan ilustrasi baik gambar, data, dan infografik ide kreatif yang Anda sampaikan.

5. Tanyakan Feedback

Pelajari semua input yang diberikan untuk menyempurnakan ide Anda. Ingat, jangan bawa perasaan (baper), ya!

Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk lebih berani lagi dalam menyampaikan ide kreatif dan inovatif Anda, ya! Semoga sukses!